Ternyata Salah Dalam Menggunakan Garam Bisa Berakibat Fatal, Berikut Faktanya

WOWCADAS! Sebagai bahan tambahan makanan, garam adalah bagian yang terpenting dalam sebuah makanan. Tak ada garam, maka tak ada makanan yang enak. Selain penambah dan penyempurna cita rasa, garam juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan karena kandungan natriumnya yang diperlukan oleh tubuh. seperti yang dikutip dari infoyunik

Banyak orang yang memasukkan garam ke dalam masakan yang sedang mendidih kemudian mencicipinya berkali-kali hingga dirasa pas. Kebiasaan seperti ini ternyata adalah cara yang salah dalam penggunaan garam untuk penambah rasa. Bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang bahkan berujung pada kematian.

Garam atau natrium chlorida (NaCl) merupakan bagian dari sodium yang sangat diperlukan tubuh. Kandungan garam di dalam tubuh sangat diperlukan untuk mendukung fungsi organ. Selain itu, garam juga berperan sebagai transmisi elektronik dalam saraf dan membantu sel-sel tubuh membentuk nutrisi.  Ketika garam dimasukkan ke dalam masakan yang mendidih, kandungan garam lenyap dalam bentuk gas. Senyawa NaCl jika dipanaskan akan berubah menjadi racun/toksin dan ber-acid. Jika dilakukan jangka panjang hal ini dapat membahayakan kesehatan serta mengundang penyakit. Selain itu kandungan yodium pada garam juga akan hilang. Berbagai penyakit yang akan timbul akibat garam penggunaan garam yang salah ini antara lain  gejala jantung dan tekanan darah tinggi.

Achmad Rudijanto Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Endokrin dan Metabolik diabetes mengungkapkan, penggunaan garam sebaiknya tidak dicampur saat proses memasak, tetapi ditambahkan saat mulai makan. Atau bisa juga dimasukan ketika makanan sudah selesai dimasak dan sudah dalam kondisi hangat dan bukan mendidih. 

Meski garam diklaim dapat mengatasi hampir 70 macam penyakit, ternyata penggunaannya tetap harus dibatasi yaitu 150 mikrogram per hari untuk orang dewasa.  Penggunaan yang berlebihan buka hanya akan mengakibatkan gangguan kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak. Ternyata, semua yang berlebih-lebihan itu tidak baik ya?

Artikel Ini bisa juga kamu temukan di:
  • penggunaan garam dalam kehidupan sehari-hari
  • penggunaan garam inggris untuk kesehatan
  • penggunaan garam ikan pada akuarium
  • penggunaan garam dan gula pada makanan bayi
  • penggunaan garam beryodium
  • penggunaan garam pada kolam ikan

0 Response to "Ternyata Salah Dalam Menggunakan Garam Bisa Berakibat Fatal, Berikut Faktanya"

Post a Comment