Pernah Dengar 5 Makanan Ini ? Kalau Pernah Mencicipinya Berarti Anda 100 Persen INDONESIA

http://www.infoyunik.com/2015/07/lima-nama-makanan-indonesia-yang-tidak.html
WOWCADAS! Indonesia adalah negara yang kaya dengan keberagaman kulinernya. Dengan 33 propinsi, ada ratusan jenis makanan yang menjadi kebanggaan kita. Sebut saja rendang, nasi goreng, bakso atau sate yang sudah mendunia. 

Dari beberapa jenis makanan khas yang ada, beberapa nama makanan berikut ini cukup aneh terdengar di telinga. Sebut saja nasi kentut, roti ketawa sampai makanan dengan nama rawon setan. Sebelum makan saja mungkin sudah membayangkan yang tidak-tidak.  Penamaan itu dilakukan semata-mata karena kelezatannya.

Beberapa nama makanan yang mungkin membuat kening Anda berkerut antara lain:

1. Nasi Kentut

Nasi  khas Medan yang menjadi favorit di sana ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan daun kentut (dalam Bahasa Jawa namanya daun sembukan). Meski namanya begitu, nasi kentut sama sekali tidak berbau tak enak. Makanan ini justru memiliki cita rasa yang tinggi. Dengan diolah bersama rempah-rempah, membuat nasi ini terasa begitu gurih dan beraroma wangi. Biasanya nasi kentut disantap bersamaan dengan lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng. Berbagai jenis sambal juga biasanya dihidangkan bersama nasi kentut ini.

2. Roti Ketawa

Mendengar nama roti ketawa mungkin Anda akan membayangkan roti yang bisa tertawa ketika dimakan. Ternyata makanan ini dinamai roti ketawa karena permukaanya yang terbelah menyerupai orang yang sedang tertawa. Roti ketawa merupakan makanan khas yang juga masih berasal dari Medan dan sudah lama populer di Indonesia. Jajanan yang bisa ditemukan di toko atau warung-warung ini terasa keras saat pertama kali digigit namun renyah saat sudah dimakan. Roti ketawa paling enak disantap bersama teh atau kopi sambil bersantai.

3. Kuku Macan

Yang ini tentu saja bukan kuku macan sungguhan. Jajanan ini adalah sejenis kerupuk yang jika dilihat-lihat bentuknya memang mirip dengan kuku macan. Camilan yang berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur ini tersebut terbuat dari ikan pipih dan ikan belinda yang kerap dijadikan sebagai hidangan sampingan ketika makan nasi karena rasanya yang sangat gurih.

4. Rawon Setan

Soal makanan, Indonesia ternyata masih menyukai hal-hal berbau mistis. Rawon setan ini musalnya. Makanan ini sejatinya tidak berhubungan dengan kegiatan mistis apapun, hanya saja karena restorannya buka setiap malam setelah pukul 22.00, maka rawon inipun dinamai Rawon Setan.
Di tempat lain, kata “setan” dalam nama Rawon Setan juga digunakan untuk menunjukkan tingkat kepedasan rawonnya.

5. Sate Kere

Sate ini diberi nama Sate Kere (kere dalam Bahasa Jawa artinya miskin) karena bahannya yang terbuat dari tempe gembus yakni resbusan ampas tahu dan jeroan sapi untuk mengganti daging. Makanan khas Solo ini dulunya memang merupakan makanan wong cilik. Namun kini sate kere justru populer dan menjadi santapan semua kalangan. Bahkan penjualannya sudah masuk ke restoran-restoran besar. 

Artikel Ini bisa juga kamu temukan di:
  • makanan khas indonesia beserta asalnya
  • makanan khas indonesia yang terkenal di dunia
  • makanan khas indonesia yang unik
  • makanan khas indonesia yang mendunia
  • makanan khas indonesia 33 provinsi

0 Response to "Pernah Dengar 5 Makanan Ini ? Kalau Pernah Mencicipinya Berarti Anda 100 Persen INDONESIA"

Post a Comment